Wednesday, July 7, 2010

Juli 6 2010

Malam Ini Juli 6 2010 Merkurius, Venus, Mars, dan Saturnus Berada dalam Satu Garis

Malam Ini Merkurius, Venus, Mars, dan Saturnus Berada dalam Satu Garis

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) mengatakan sejumlah planet di sistem tata surya seperti Merkurius, Venus, Mars, dan Saturnus akan tampak berada dalam satu garis lurus pada Selasa malam.

''Selasa malam ini akan terlihat lebih jelas dalam satu garis lurus, khususnya setelah Merkurius terbenam pukul 18.30 WIB, kemudian sekitar pukul 21.00 WIB menyusul Venus terbenam, lebih malam lagi Mars, dan Saturnus,'' kata peneliti Bidang Matahari dan Antariksa Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa LAPAN, Abd Rahman, di Jakarta, Selasa (6/7).

Fenomena alam itu sayangnya tak bisa dilihat menggunakan mata telanjang. Menurut Rahman, kejadian itu merupakan hal biasa dalam perputaran planet-planet atau benda ruang angkasa. Menurutnya, delapan planet yang mengitari matahari di tata surya ini memang berada dalam satu bidang ekliptika, sehingga jika dilihat dari bumi, maka akan mungkin untuk terlihat dalam satu garis lurus.

''Diibaratkan delapan planet ini merupakan bola-bola yang terletak pada satu meja datar, meskipun berserakan tetapi jika dilihat dari satu posisi dari sudut pandang suatu bola tertentu yang juga ada di meja itu, maka bisa saja seolah berada pada satu garis lurus,'' jelasnya.

Karena itu, Rahman mengimbau masyarakat untuk tidak percaya pada kabar burung yang mengatakan malam nanti bakal terjadi bencana. Sebelumnya, beredar kabar berantai bahwa NASA mengumumkan tepat pukul 5:00 pm waktu Greenwich atau pukul 12:00 WIB tengah malam ini planet Merkurius, Bumi, Venus, Uranus, dan Neptunus berada tepat satu garis dengan Matahari. Hal ini terjadi 20.000 ribu tahun sekali.

Akibatnya gaya gravitasi menjadi bertambah enam kali lipat, sehingga pada saat itu akan terjadi fenomena luar biasa, yakni di antaranya laut akan mengalami pasang naik, dan kemungkinan laut akan meluap. Lantas, berat benda akan meningkat enam kali lipat dan semua benda akan tertarik ke permukaan bumi. Disebutkan juga NASA sudah memperingatkan semua perusahaan penerbangan agar tidak
take off pada jam tersebut karena fenomena ini akan berlangsung sekitar 10 menit.

Menanggapi hal itu, Rahman menegaskan, berita tersebut hanya kabar bohong, karena fenomena itu tidak akan berdampak apapun. ''Sebenarnya planet-planet yang tampak berada pada satu garis lurus itu terjadi beberapa hari ini, tetapi malam ini akan tampak paling jelas,'' tegasnya.


Red: Budi Raharjo
Rep: Antara

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for your comment.

Merapi Hari Ini - Google Warta

Pesawat Batam - Google Warta

THE FIRST WORLD WAR

Loading...

THE SECOND WORLD WAR

Loading...

Our Planet

Loading...

Bombing at Jakarta

Loading...

Bombing at Mega Kuningan, 17 Juli 2009

Loading...

Bombing at Bali

Loading...

Situ Gintung Disaster on Video

Loading...

TRAGEDY IN THE WORLD

Loading...

TRAGEDY IN THE FOOTBALL

Loading...

TRAGEDY IN THE MINING

Loading...

EXPERIENCE IN THE GRAVE NATURE

Loading...

EARTHQUAKES on VIDEO

Loading...

DISASTERS on VIDEO

Loading...

Disasters due to tornado

Loading...

SCARY

Loading...

DRACULA

Loading...

JENGLOT

Loading...

GHOST

Loading...

NIGHTMARE

Loading...

JELANGKUNG

Loading...

NYI RORO KIDUL

Loading...

COURAGE TEST

Loading...

MAGIC

Loading...

SUPERNATURAL

Loading...

Recent Visitors

BANDWIDTH SPEED TEST

SOMETHING SCARY © 2008 Template by:
SkinCorner